Struktur Tata Kelola

Ensures company's publicly traded stock is being fairly traded through the dissemination of
key information that allows investors to determine whether a company is a good investment for their needs.

Sistem Pelaporan Pelanggaran

Pada tahun 2015 Perseroan mulai membangun Sistem Pelaporan Pelanggaran atau Whistleblowing System dengan mengacu sistem yang telah ditetapkan oleh Interra Resources Limited sebagai perusahaan induk Perseroan.

Perseroan secara berkala menyampaikan pemberitahuan kepada seluruh karyawan Perseroaan maupun anak usaha untuk senantiasa memperhatikan sistem pelaporan pelanggaran termasuk menyampaikan informasi pelanggaran (bila ada).

Whistleblowing System merupakan jalur komunikasi pegawai dalam melaporkan kejadian-kejadian yang diduga berhubungan dengan tindakan penyelewengan (fraud), Kriminal, pelanggaran peraturan perusahaan, dan pelanggaran kode etik yang melibatkan pegawai Perseroan dan/atau pihak-pihak yang mempunyai hubungan dengan Perseroan.

Pelaksanaan kebijakan yang konsisten dan tegas akan menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesinambungan praktik bisnis yang bersih, patuh terhadap peraturan perundangundangan, dan menjunjung tinggi etika.

Keberadaan Whistleblowing System diharapkan dapat mendorong pegawai untuk melaporkan pelanggaran tanpa disertai rasa takut akan menjadi korban, diskriminasi, atau mengalami kerugian. Dengan kebijakan whistleblowing ini juga diharapkan dapat mendorong check and balances dari semua pihak sehingga dapat menumbuhkan kesadaran bagi seluruh pihak di Perseroan untuk tidak melakukan kecurangan, pelanggaran, maupun penyalahgunakan wewenang.

PENYAMPAIAN LAPORAN PELANGGARAN

Penyampaian laporan pelanggaran dapat dilakukan oleh pelapor melalui jalur telepon khusus kepada manajemen.

PERLINDUNGAN BAGI WHISTLEBLOWER

Perseroan mempunyai komitmen dalam memberikan perlindungan kepada pelapor untuk menumbuhkan rasa aman dan mendorong pelapor untuk berani melaporkan pelanggaran. Perlindungan kepada pelapor diberikan dalam bentuk: 1. Perlindungan kerahasiaan identitas pelapor termasuk informasi yang dapt digunakan untuk menghubungi pelapor; 2. Perlindungan atas tindakan balasan dari terlapor atau pihak lain yang mempunyai kepentingan; 3. Perlindungan dari tekanan, hak-hak sebagai pegawai, gugatan hukum, harta benda hingga tindakan fisik.

PENANGANAN PENGADUAN

Perseroan menjamin bahwa semua laporan pelanggaran yang masuk akan segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Pelanggaran yang berulang dan sistematik akan dilaporkan kepada pejabat terkait yang mempunyai kewenangan untuk melakukan perbaikan.

PIHAK PENGELOLA PENGADUAN

Sistem pelaporan pelanggaran (whistleblowing system) Perseroan dikelola oleh Unit Audit Internal. Unit ini akan secara berkala memeriksa setiap laporan masuk untuk ditindaklanjuti.

HASIL PENANGANAN PENGADUAN

Pelaksanaan kebijakan whistleblowing dinilai efektif sebagai salah satu cara pengungkapan kecurangan yang terjadi. Setelah terjadi pengaduan, laporan tersebut akan didalami oleh tim internal audit terkait kemungkinan adanya unsur pelanggaran dan fraud. Selama tahun 2018 Perseroan tidak menerima pengaduan atau pelaporan pelanggaran dari karyawan atau pihak lainnya.

Top